Aneh, Sumur Milik Kusyati Mendadak Kering

SUARA MERDEKA, 23 November 2009

BUMIAYU- Sumur milik Kusyati (35), di Dukuh Munggang RT 05 RW 03 Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu, Brebes mendadak kering tak berair. Padahal sejak dibangun sekitar 1976, sumur dengan kedalaman 15 meter tersebut tidak pernah surut airnya meski kemarau,  bahkan menjadi sumber air bagi tetangga sekitarnya.

Peristiwa aneh yang kini hangat dibicarakan warga itu bermula Sabtu (21/11), pukul 15.30. Di tengah guyuran hujan lebat, Kuswati yang saat itu berada di dalam rumah mendengar suara berisik dari dalam sumur. Ia langsung bergegas ke belakang dan melongok dalam sumur. ”Air dalam sumur bergelombang. Suaranya blang-blung seperti ada yang menggerakkan,” kata dia.

Saat melongok ke dalam sumur, Kuswati mengaku melihat ular sebesar lengan orang dewasa. Beberapa warga yang berdatangan melihat kejadian aneh itu juga melihat ular yang sama. ”Ada sejumlah orang yang melihat ular dalam sumur. Apakah ular tersebut ular biasa atau jejadian saya tidak tahu,” katanya.

Warga kemudian beramai-ramai memasukkan garam ke dalam sumur dengan maksud mengusir ular. Namun justru suara berisik semakin menjadi-jadi. Bahkan suaranya terdengar hingga radius lima hingga sepuluh meter. Menurut Kusyati, suara berisik tersebut baru berhenti sekitar pukul 17.00. Warga pun kembali ke rumah masing-masing.

Kering

Kejadian aneh yang dialami Kusyati berlanjut hingga Minggu pagi (22/11). Entah apa penyebabnya, saat Kuswati melongok ke dalam sumur ternyata kondisinya kering kerontang. ìPagi ini sebenarnya ada beberapa warga yang akan menguras sumur karena akibat kejadian kemarin air berubah warna menjadi keruh seperti lumpur. Namun ternyata sumur telah kering dengan sendirinya,î kata dia.

Hilangnya air sumur itu membuat rasa penasaran warga semakin menjadi-jadi. Silih berganti warga berdatangan untuk menyaksikan dari jarak dekat sumur yang berada di belakang SDN Jatisawit 02 itu. Warga beranggapan, hilangnya air sumur yang didahului dengan peristiwa aneh sebelumnya merupakan kejadian di luar nalar. ”Ini aneh karena sumur lain di sekitarnya tidak ikut kering. Malah justru debit airnya bertambah karena diguyur hujan,” ucap Widodo, warga lainnya.

Sekretaris Rukun Warga (RW) 03 Desa Jatisawit Bambang Ajianto mengatakan sumur dan rumah tersebut milik Sujono.  ”Kuswati hanya mengontrak saja, kurang lebih sudah delapan bulan menempati rumah itu,” katanya. Hingga kini pihaknya belum mendapatkan jawaban logis dari peristiwa itu. ”Banyak kejadian-kejadian aneh sebelum sumur menjadi kering. Salah satunya penampakan ular di dalam sumur yang dilihat sejumlah warga,” ujar dia.

Menurutnya, pemerintah desa sudah meninjau sumur aneh tersebut. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan sementara waktu sumur di tutup. (H51-47)

http://www.suaramerdeka.com/smcetak/index.php?fuseaction=beritacetak.detailberitacetak&id_beritacetak=89140

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s